Spesifikasi Nokia 9 PureView, Smartphone dengan Lima Kamera

Advertisement

Spesifikasi Nokia 9 PureView, Smartphone dengan Lima Kamera – Perhelatan ajang World Mobile Congress (WMC) 2019 di Barcelona, Spanyol nampaknya akan jadi medan perang bagi produsen smarphone kenamaan. Merk-merk besar akan berlomba-lomba menarik perhatian pecinta gadget sebanyak mungkin dengan mengenalkan produk flagship tercanggihnya. Tidak terkecuali HMD Global selaku pemegang merek Nokia yang juga akan mengenalkan smartphone teranyarnya yaitu Nokia 9 PureView pada ajang WMC 2019 nanti. Tentunya banyak yang penasaran seperti apa bocoran Spesifikasi Nokia 9 PureView ini. Mengingat Nokia pernah menjadi raja yang memimpin pasar ponsel dunia, sehingga banyak pecinta Nokia yang merindukan agar Nokia dapat melakukan comeback dan mampu bersaing di pasar smartphone modern saat ini.

nokia 9 pureview lima kamera

Singkatnya seri terbaru dari Nokia ini menawarkan fitur unik dengan membawa setup 6 kamera yang tersemat pada bodynya. Kamera tersebut terdiri atas 5 lensa dan 1 lensa Time-of-Light sensor yang didesain bersama oleh produsen kamera prestisius Nokia, Zeiss dan Light yang akan memberikan jaminan kualitas foto yang tidak ditemui pada smartphone lainnya. Cukup menarik bukan? Apalagi jika anda adalah photography enthusiast, tentu kehadiran Nokia 9 PureView menjadi kabar baik untuk pecinta mobile photography. Jadi, seperti apa Spesifikasi Nokia 9 PureView secara lebih lengkapnya? Mari kita simak bersama:

Baca Juga : Daftar Smartphone 5G 2019 yang Sudah Resmi dan Segera Hadir

Spesifikasi Nokia 9 PureView

Desain

Ketika hands-on Nokia 9 terasa lebih nyaman dan mudah digenggam. Tidak seperti seri Nokia 8 Sirocco yang mengusung desain kotak dengan sudut lancip, Nokia 9 PureView didesain dengan bagian tepinya bersudut bulat atau tumpul. Selain agar genggaman terasa nyaman, desain sudut bulat ini juga ditujukan agar pegangan lebih erat ketika mengambil foto atau video. Kenyamanan genggaman ini menjadi penting khususnya ketika harus menggunakan perangkat ini dalam waktu yang lama.

Untuk bodynya, Nokia 9 PureView menggunakan rangka alumunium seri 6000 dan dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 baik pada sisi depan maupun belakangnya. Selain itu perangkat ini juga sudah terbukti anti air dan debu karena sudah tersertifikasi rating IP-67. Secara keseluruhan kesemuanya menjadikan Nokia 9 PureView sebagai smartphone yang kokoh dan punya ketahanan yang baik.

Nokia 9 PureView punya layar pOLED 5.99 inchi yang menutupi hampir keseluruhan permukaan body depan. Layarnya mampu menampilkan gambar dengan resolusi 2880×1440 pixels dengan kepadatan 537 PPI yang mampu memberikan gambar dengan kontras yang tajam. Selain itu penambahan fitur PureDisplay akan menambah kualitas gambar setingkat lebih tinggi yang menghasilkan gambar dengan ketajaman dan kejernihan yang luar biasa. Untuk perlindungan layar, Nokia 9 PureView juga dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Nokia 9 PureView hanya akan tersedia dalam pilihan satu warna saja, yakni biru tua yang nyaris terlihat hitam atau ‘Midnight Blue’. Menurut Nokia pemilihan warna tunggal tersebut memang sengaja untuk memperjelas Identitas merek yang membedakan lineup smartphone flagship Nokia dengan merek lainnya. Meski begitu, warna biru tua nyaris hitam yang membalut keseluruhan body tersebut justru menjadi daya tarik yang membuat smartphone ini terlihat mewah dan elegan.

Prosesor

Untuk jeroannya, spesifikasi Nokia 9 PureView menggunakan System of a Chip (SoC) dengan basis chipset Qualcomm’s Snapdragon 845 dengan quad-cores Kyro Gold 2.8 GHZ dan quad-cores Kyro Silver 1.7 GHz yang ditemani dengan GPU Adreno 630. Dapur pacu yang powerful tersebut didukung oleh RAM 6GB LPDDR4X dan media penyimpanan internal NAND flash storage dengan kapasitas 128GB.

Meskipun chipset yang digunakan bukan seri terbaik dari Qualcomm, namun perlu diingat bahwa Nokia harus memastikan bahwa chipset yang digunakan memiliki kompatibilitas yang sempurna dengan segala algoritma pada software dan sistem kamera yang digunakan pada Nokia 9 PureView. Dan nampaknya Snapdragon 845 menjadi jawaban yang paling tepat untuk menjamin performa maksimal dan operasional yang lancar tanpa lag.

Nokia 9 PureView ditenagai oleh integrated baterai berdaya 3320 mAh, artinya baterai tidak bisa dicopot atau dipasang sesuka hati. Selain itu untuk pengisian ulang baterai sudah disupport oleh Qi Wireless Charging. Cukup standar seperti kebanyakan smartphone high-end lainnya.

Baca Juga : Serba – Serbi Vivo V15 Pro, Ponsel Terbaik untuk Penggila Selfie

Kamera

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa sistem kamera yang digunakan pada Nokia 9 PureView merupakan kerjasama Nokia dengan perusahaan kamera Zeiss dan Light. Kebanyakan ponsel dengan multi kamera, setiap kameranya bekerja sendiri-sendiri, perannya sudah ditentukan, seperti satu kamera adalah kamera lensa wide-angle, sementara kamera lainnya adalah lensa telephoto. Berbeda pada nokia 9 PureView, kelima kamera adalah kamera berlensa 12 megapixels dengan bukaan f/1.8. yang membedakan adalah sensornya, 2 kamera menggunakan sensor monochromatic, sementara 3 lainnya menggunakan sensor RGB.

Ketika kita menekan tombol shutter, semua kamera akan mengambil gambar secara bersamaan, kemudian software akan menggabungkannya sehingga akan tercipta gambar yang lebih detail, tajam, dengan tekstur yang lebih dalam. Sehingga total, ketika digunakan kamera akan menghasilkan data gambar sebesar 60 megapixel per gambar yang diambil. Sementara pada bagian depan hanya terdapat satu kamera dengan lensa 20 Megapixels. Tergolong sangat baik untuk selfie mengingat kamera depan tersebut juga sudah terintegrasikan dengan software photography Nokia.

Konektivitas

Berbicara masalah konektivitas, Nokia 9 PureView punya semuanya selayaknya smartphone flagship. Seperti 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 5.0, dukungan jaringan 4G/LTE Cat 16 dengan 4×4 MIMO, sistem navigasi GPS/AGPS dan GLONASS+BDS, accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Sementara untuk konektivitas kabel, Nokia 9 PureView memiliki socket USB type-C yang diperuntukan untuk transfer data dan mengcharger daya.

Baca Juga : Review Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 9 Battle Angel Berikut Fitur Menariknya

Fitur

Tidak banyak fitur-fitur spesial yang ditawarkan oleh Nokia 9 PureView, mengingat perangkat smartphone ini berfokus pada kualitas kamera dan fitur pemrosesan foto yang perlu diakui cukup mengagumkan. File foto yang dihasilkan oleh Nokia 9 PureView merupakan file RAW DNG dan JPEG. Itu artinya bukan foto hasil kompres seperti pada kamera ponsel kebanyakan. Itu artinya proses digital imaging bisa lebih leluasa, apalagi jika memprosesnya melalui Adobe Lightroom yang bisa didapat melalui Play Store. Hasil foto akan bisa setingkat kualitas foto photographer profesional.

Meski begitu, pada spesifikasi Nokia 9 PureView juga tertera fitur paling populer di tahun 2019, yakni display-fingerprint, artinya proses sensor fingerprint terintegrasikan langsung dengan layar, bukan pada sensor terpisah. Selain itu pada kamera depannya juga sudah support dengan fitur face unlock. Sementara sistem operasi yang digunakan adalah Android 9.0.

Baca Juga : Review Samsung Galaxy Tab S5e, Tablet Premium Berharga Murah di 2019

Harga

Belum ada harga pasti yang dapat dikonfirmasi kebenarannya. Namun akun @NokiaLeaks yang sudah sering memberikan bocoran spesifikasi Nokia 9 PureView, menyebutkan bahwa untuk pasaran Eropa Nokia 9 PureView bakal dibanderol di kisaran harga 749 Euro hingga (Rp 12,2 juta) 799 Euro atau jika dikonversikan ke dalam Rupiah setara dengan Rp 12,2 juta hingga Rp 13 juta.


Advertisement